Gowa, 21 Juli 2025 — Dua dosen Ilmu Perpustakaan, Ramadayanti, S.I.P., M.Hum dan Marni, M.I.P, mengikuti Program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) tahun 2025, sebagai bagian dari upaya meningkatkan profesionalisme dan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi.
PKDP 2025 diselenggarakan
oleh sejumlah Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) yang ditunjuk langsung oleh
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama Republik
Indonesia. Salah satu PTP tersebut adalah Universitas Islam Negeri (UIN)
Alauddin Makassar, yang menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan PKDP regional
Sulawesi Selatan.
Pelaksanaan kegiatan
berlangsung di Hotel Alauddin Makassar, dan diikuti oleh puluhan dosen pemula
dari berbagai institusi pendidikan tinggi Islam di wilayah Indonesia Timur.
PKDP ini tidak hanya bertujuan meningkatkan kompetensi pedagogik dan
profesionalisme dosen pemula, tetapi juga menjadi salah satu syarat penting
untuk memperoleh Sertifikat Pendidik (Sertifikasi Dosen).
Selama kegiatan, peserta
dibekali berbagai materi dan praktik melalui format on the job course. Ini
mencakup pendampingan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), pembuatan
instrumen penilaian pembelajaran, produksi video pembelajaran, serta ujian dan
ekspose proyek pembelajaran atau artikel ilmiah.
Dalam keterangannya,
Ramadayanti menyampaikan bahwa kegiatan PKDP sangat bermanfaat untuk memperkuat
kapasitas dosen dalam menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan
standar pendidikan tinggi.
"Melalui PKDP ini,
kami tidak hanya belajar secara teoritis, tapi langsung mempraktikkan bagaimana
mendesain pembelajaran yang inovatif dan relevan di kelas," ungkapnya.
Sementara itu, Marni
menambahkan bahwa pengalaman mengikuti PKDP turut memperluas wawasan mengenai
pentingnya digitalisasi pembelajaran dan penelitian ilmiah berbasis kebutuhan
masyarakat dan perkembangan keilmuan.
Dengan mengikuti PKDP
2025, kedua dosen Ilmu Perpustakaan tersebut menunjukkan komitmen kuat untuk
menjadi pendidik profesional dan kontributif di lingkungan akademik, serta siap
berperan aktif dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.