PENGECEKAN PLAGIASI MAHASISWA

  • 17 Februari 2021
  • 12:15 WITA
  • Administrator
  • Berita

Turnitin merupakan sebuah aplikasi yang mampu mendeteksi tingkat plagiarisme dalam sebuah tulisan. Pengecekan dengan alat ini menjadi salah satu persyaratan bagi setiap mahasiswa yang ingin mendaftar ujian, sehingga proses ini wajib ditempuh terhadap draft/naskah proposal atau penelitiannya sebelum mendaftar Seminar Proposal ataupun Munaqasah.

Masing-masing program studi memiliki tahapan-tahapan tersendiri dalam memroses pengecekan Turnitin, sehingga mahasiswa harus mencari informasi lewat website masing-masing prodi atau menghubungi pengelola Turnitin. Akan tetapi, dalam prosesnya banyak terdapat masalah ketika naskah mahasiswa dipindai dengan Turnitin. Sebagian besar naskah ditemukan masih memiliki angka plagiarisme yang tinggi melampaui angka yang ditetapkan sebagai batas maksimal yaitu 24%. Para mahasiswa masih banyak ditemukan melakukan “salin-tempel” (copy-paste) dari sumber tulisan yang ada di internet ke dalam proposal ataupun skripsi mereka sehingga menyebabkan naskah tersebut dikembalikan kepada mahasiswa untuk direvisi, bahkan hingga berkali-kali dikembalikan karena angka plagiasi yang masih tinggi.

Permasalahan tersebut muncul karena beberapa hal, di antaranya yaitu kurangnya pemahaman tentang bahaya plagiasi, kurangnya pengetahuan tentang teknik parafrase ataupun penulisan ide dan pendapat yang bersifat kebaruan serta alasan lainnya yaitu adanya faktor kemalasan mahasiswa untuk menuliskan idenya sendiri sehingga hanya mencari jalan pintas “salin-tempel” dari internet. Padahal hal ini adalah sebuah kesalahan besar dan tidak boleh dilakukan dalam karya ilmiah atau penelitian.

Untuk itu, diharapkan para mahasiswa dapat lebih mempersiapkan naskah dan penelitiannya secara lebih serius terutama menciptakan kebaruan dalam menyampaikan ide dan pendapat dalam naskah penelitian, dan bukan mencuri tulisan ataupun pendapat orang lain yang hanya akan menimbulkan plagiasi, karena ingat: plagiasi adalah sebuah kejahatan dalam bidang penelitian!


By Sandra Dewi Dahlan, S.Pd., M.A.

 

 **

TEKNIS TURNITIN PRODI BSI >>>>> http://bsi.fah.uin-alauddin.ac.id/berita/detail_berita/8336/12 <<<<<


TURNITIN PRODI SPI >>>>> http://bit.ly/Plagiasi_PRODI_SPI <<<<<<<