Hadirkan Dosen Tamu, Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Belajar Proses Penerbitan Artikel Jurnal

  • 04 Juni 2025
  • 11:20 WITA
  • Administrator
  • Berita

Gowa, 4 Juni 2025 — Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan semester VI UIN Alauddin Makassar mengikuti perkuliahan dengan menghadirkan Dosen Tamu dengan tema “Manajemen Naskah Artikel Ilmiah: Dari Submit hingga Terbit”, yang merupakan bagian dari Mata Kuliah Komunikasi Ilmiah.

Mata kuliah yang diampu oleh Dr. Irvan Muliyadi, S.Ag., S.S., M.A ini secara khusus dirancang untuk memberikan pemahaman praktis kepada mahasiswa mengenai bagaimana artikel ilmiah dikelola hingga dipublikasikan dalam jurnal akademik. Salah satu fokus utama dalam mata kuliah ini adalah memperkenalkan jurnal sebagai media komunikasi ilmuwan dalam menyampaikan hasil temuannya kepada masyarakat akademik dan publik luas.

Sebagai bentuk penerapan pembelajaran berbasis praktisi, Dr. Irvan menghadirkan dua dosen tamu yang juga merupakan alumni Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar, yaitu Hijrana, S.I.P. dan Andi Marwansyah, S.I.P. Keduanya saat ini aktif sebagai pengelola jurnal ilmiah di institusi masing-masing dan memiliki pengalaman langsung dalam proses editorial dan manajerial jurnal ilmiah.

Kehadiran para praktisi ini merupakan implementasi dari kebijakan fakultas yang mendorong keterlibatan dosen tamu dalam perkuliahan untuk memperkaya wawasan dan keterampilan teknis mahasiswa, khususnya dalam konteks dunia kerja dan profesionalisme bidang perpustakaan dan informasi.

Dalam sesi perkuliahan tersebut, mahasiswa diberikan pemahaman tentang berbagai tahapan dalam proses penerbitan artikel ilmiah, mulai dari Penyusunan dan penyuntingan draft artikel,, Proses submission ke sistem jurnal (online journal system), Mekanisme review oleh mitra bestari (peer-review), Revisi berdasarkan masukan reviewer, Hingga tahap akhir penerbitan dan indeksasi jurnal.

Salah satu mahasiswa peserta kuliah, Andi Irwan, menyampaikan kesannya bahwa sesi kuliah ini sangat membuka wawasannya, khususnya dalam aspek teknis pengelolaan artikel jurnal.

“Saya merasa sangat tercerahkan, karena biasanya kita hanya dengar secara teori saja. Tapi kali ini dijelaskan secara langsung dan rinci oleh orang yang memang menjalani prosesnya sehari-hari. Sekarang saya lebih paham bagaimana menulis dan menerbitkan artikel dengan benar,” ungkapnya.

Melalui pembelajaran ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya memahami teori komunikasi ilmiah, tetapi juga mampu mempraktikkan penulisan dan pengelolaan artikel sesuai standar penerbitan ilmiah yang berlaku, sehingga lebih siap menghadapi tuntutan akademik maupun profesional di bidang kepustakawanan dan informasi.