Gowa, 4 Juni 2025 — Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan semester VI UIN Alauddin Makassar mengikuti perkuliahan dengan menghadirkan Dosen Tamu dengan tema “Manajemen Naskah Artikel Ilmiah: Dari Submit hingga Terbit”, yang merupakan bagian dari Mata Kuliah Komunikasi Ilmiah.
Mata kuliah yang diampu
oleh Dr. Irvan Muliyadi, S.Ag., S.S., M.A ini secara khusus dirancang untuk
memberikan pemahaman praktis kepada mahasiswa mengenai bagaimana artikel ilmiah
dikelola hingga dipublikasikan dalam jurnal akademik. Salah satu fokus utama
dalam mata kuliah ini adalah memperkenalkan jurnal sebagai media komunikasi
ilmuwan dalam menyampaikan hasil temuannya kepada masyarakat akademik dan publik
luas.
Sebagai bentuk penerapan
pembelajaran berbasis praktisi, Dr. Irvan menghadirkan dua dosen tamu yang juga
merupakan alumni Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar, yaitu Hijrana, S.I.P.
dan Andi Marwansyah, S.I.P. Keduanya saat ini aktif sebagai pengelola jurnal
ilmiah di institusi masing-masing dan memiliki pengalaman langsung dalam proses
editorial dan manajerial jurnal ilmiah.
Kehadiran para praktisi
ini merupakan implementasi dari kebijakan fakultas yang mendorong keterlibatan
dosen tamu dalam perkuliahan untuk memperkaya wawasan dan keterampilan teknis
mahasiswa, khususnya dalam konteks dunia kerja dan profesionalisme bidang
perpustakaan dan informasi.
Dalam sesi perkuliahan
tersebut, mahasiswa diberikan pemahaman tentang berbagai tahapan dalam proses
penerbitan artikel ilmiah, mulai dari Penyusunan dan penyuntingan draft
artikel,, Proses submission ke sistem jurnal (online journal system), Mekanisme
review oleh mitra bestari (peer-review), Revisi berdasarkan masukan reviewer, Hingga
tahap akhir penerbitan dan indeksasi jurnal.
Salah satu mahasiswa
peserta kuliah, Andi Irwan, menyampaikan kesannya bahwa sesi kuliah ini sangat
membuka wawasannya, khususnya dalam aspek teknis pengelolaan artikel jurnal.
“Saya merasa sangat tercerahkan,
karena biasanya kita hanya dengar secara teori saja. Tapi kali ini dijelaskan
secara langsung dan rinci oleh orang yang memang menjalani prosesnya
sehari-hari. Sekarang saya lebih paham bagaimana menulis dan menerbitkan
artikel dengan benar,” ungkapnya.
Melalui pembelajaran ini,
mahasiswa diharapkan tidak hanya memahami teori komunikasi ilmiah, tetapi juga
mampu mempraktikkan penulisan dan pengelolaan artikel sesuai standar penerbitan
ilmiah yang berlaku, sehingga lebih siap menghadapi tuntutan akademik maupun
profesional di bidang kepustakawanan dan informasi.