Diplomat Amerika Kunjungan ke Fakultas Adab dan Humaniora

  • 24 Juli 2024
  • 09:51 WITA
  • Administrator
  • Berita

Gowa, Selasa, 23 Juli 2024, bertempat di LT Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar, Pak John McDaniel, Kepala Bidang Politik dan Ekonomi, Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, memberikan paparan mengenai kerjasama antara Amerika Serikat dan Indonesia dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh BSI Learning Centre, Arcibi, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar, dan dibuka oleh Wakil Dekan 2, Bapak Dr. Irvan Muliyadi, S.S., M.A.

Dalam sambutannya, Dr. Irvan Muliyadi menyampaikan harapan agar kunjungan ini dapat mempererat kolaborasi antara Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya dan UIN Alauddin Makassar. "Kerjasama yang baik antara kedua pihak diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi pengembangan pendidikan dan kebudayaan di kampus kita," ujarnya.

Pak John McDaniel memaparkan berbagai aspek kerjasama antara Amerika Serikat dan Indonesia, termasuk dalam bantuan pembangunan, kemanusiaan, keamanan, serta beragam praktik terbaik yang dipelajari kedua negara melalui pertukaran dan kunjungan satu sama lain. Beliau juga menyatakan bahwa Amerika Serikat telah menginisiasi berbagai program untuk menunjang pendidikan di Indonesia, salah satunya adalah program pertukaran pemuda, akademisi, peneliti, dan profesor. "Program-program ini memungkinkan kedua negara untuk berbagi praktik-praktik terbaik yang telah dilakukan," kata Pak John.

Salah satu mahasiswa BSI, Fairuz, menunjukkan ketertarikan khusus terhadap program CCIP (Community College Initiative Program) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Amerika Serikat. Fairuz mengutarakan niatnya untuk mengetahui lebih dalam mengenai program tersebut, yang mendapat tanggapan positif dari Pak John. "Program ini adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta membangun jaringan internasional yang kuat," jelas Pak John.

Di akhir sesi, Pak John McDaniel mengungkapkan kegembiraannya dapat berkunjung dan bertemu dengan para mahasiswa UIN Alauddin Makassar. "Saya sangat senang bisa berkunjung ke sini dan bertemu dengan kalian. Saya sangat bersemangat untuk membangun kerjasama yang lebih erat dengan UIN Alauddin Makassar ke depannya," ujar beliau. Kegiatan ini ditutup dengan penuh antusiasme dan harapan untuk kerjasama yang lebih baik di masa depan.