Program Studi BSA UIN Sunan Kalijaga Lakukan Benchmarking ke UIN Alauddin Makassar

  • 23 September 2024
  • 08:59 WITA
  • Administrator
  • Berita

Gowa, 20 September 2024 – Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan kunjungan akademik ke Program Studi BSA UIN Alauddin Makassar dalam rangka benchmarking. Acara ini dilaksanakan di Ruang Senat Fakultas Adab dan Humaniora, bertujuan untuk meningkatkan performa akademik serta memperkuat kerja sama antarlembaga dalam pengembangan program studi di kedua universitas.

Ketua Program Studi BSA UIN Sunan Kalijaga, Dr. Ening Herniti, M.Hum, bersama rombongan dosen dan tenaga kependidikan turut hadir dalam kunjungan tersebut. Mereka disambut hangat oleh Dr. Baso Pallawagau, Lc., M.A, Ketua Prodi BSA UIN Alauddin Makassar, serta jajaran dosen dan pimpinan fakultas. Dalam sambutannya, Dr. Baso Pallawagau menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara kedua program studi untuk saling belajar serta memperkaya metode pengajaran dan penelitian.

Selama pertemuan, kedua belah pihak membahas berbagai aspek pengembangan akademik, mulai dari kurikulum hingga inovasi dalam penelitian dan publikasi ilmiah. Kegiatan benchmarking ini juga menjadi kesempatan untuk berbagi pengalaman, terutama terkait tantangan dan solusi dalam pengelolaan program studi di tengah perubahan tuntutan akademik.

Kunjungan ini juga membuka peluang besar bagi kedua institusi untuk merancang program kolaboratif, termasuk pertukaran dosen, penelitian bersama, serta penyelenggaraan seminar internasional. Dr. Ening Herniti berharap kunjungan ini menjadi awal dari hubungan yang lebih erat dan produktif. "Kami berharap benchmarking ini menjadi pijakan awal bagi kerja sama yang lebih erat antara kedua program studi, terutama dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan mencetak lulusan yang kompetitif," ungkapnya.

Antusiasme yang tinggi dari kedua program studi menunjukkan komitmen bersama untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan. Kegiatan benchmarking ini diharapkan akan membawa manfaat besar, terutama dalam menciptakan lingkungan akademik yang terbuka, kolaboratif, dan relevan dengan tantangan pendidikan tinggi di era digital.