Profil

Fakultas Adab dan Humaniora memiliki 4 jurusan/program studi yaitu: Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam, Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, serta Jurusan Ilmu Perpustakaan. Fakultas Adab dan Humaniora juga memiliki tiga jurusan dengan nilai Akreditasi A atau 75 % dari total seluruh jurusan di dalam fakultas.

Saat ini, Fakultas Adab dan Humaniora berkantor di Kampus 2 UIN Alauddin Makassar, di Jalan H. M. Yasin Limpo, No. 36 Romangpolong Gowa, Sulawesi Selatan Indonesia.


Sejarah

Pendirian Fakultas Adab IAIN Alauddin Makassar berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama R.I Nomor 148 Tahun 1967 tanggal 23 Nopember 1967. Pada masa awal berdirinya, Fakultas Adab di pimpin langsung oleh Drs. H. Muhyiddin Zain.

Pada tanggal 15 Juli 1968, Rektor IAIN Alauddin Makassar berikutnya yakni Drs. H. Muhyiddin Zain menyerahkan jabatan dekan kepada H. Mustafa M Nuri, LAS berdasarkan Surat Keputusan Rektor IAIN Alaudiin Makassar Nomor: 10 Tahun 1968, tanggal 15 juli 1968. Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama R.I Nomor: BV/3-6/852, tanggal 17 Pebruari 1968, H. Mustafa M Nuri, LAS dikukuhkan sebagai Dekan Fakultas Adab.

Fakultas Adab pada awal berdirinya berkantor pada salah satu ruangan kuliah Universitas Muslim Indonesia di Jalan Kakatua Makassar. Sedangkan untuk kegiatan perkuliahan dipergunakan gedung Bioskop A.A di Jalan Timor. Selanjutnya Fakultas Adab memindahkan semua kegiatan di Jalan Sumba No. 44, dan setelah IAIN Alauddin menempati kampus Gunung Sari di Jalan Gowa Raya (Jalan Sultan Alauddin sekarang), Fakultas Adab ikut juga pindah ke kampus IAIN Alauddin di Gunung Sari itu dengan dua jurusan yaitu: Jurusan Bahasa dan Sastra Arab dan Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam.

Fakultas Adab dan Humaniora sejak berdirinya telah dipimpin oleh delapan dekan, sebagai berikut: Drs. H.  Muhyiddin Zain, Dr (HC) H. Mustafa Nuri, Lc., Prof. Dr. H. Saleh Putuhena, MA., Prof. Dr. H. Radhi Al-Hafid, Dr. Abd. Rauf Aliah, MA., Prof. Dr. Mardan, MA. (2007-2015, Dr. H. Barsihannor, M.Ag (2015-2019)., dan Dr. Hasyim Haddade, M.Ag (2019-sekarang).


Fasilitas

Dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi, Fakultas Adab dan Humaniora didukung dengan sarana dan prasarana yang menunjang.

Prasarana yang menunjang kegiatan akademik fakultas  diantaranya adalah 6 unit Ruang Kantor, 20 Unit Ruang Kelas, 1 Unit Ruang Laboratorium/Komputer, 2 Laboratorium Bahasa, 1 Laboratorium Sejarah, Budaya, dan Dokumentasi, 2 Ruang Perpustakaan, 1 Ruang Multimedia, 1 Ruang Lecture Theater, 1 ruang SKI Channel, 3 Ruang Ujian Munaqasyah.

Sivitas akademika juga dapat menggunakan prasarana penunjang lain yang turut mendukung kegiatan sivitas fakultas. prasarana tersebut diantaranya: 1 Ruang rapat Senat Fakultas, 1 Ruang Rapat Dekan, 1 Gedung Dosen, 1 Ruang BEM/DEMA, 1 Ruang HMJ, 4 Gazebo dan 4 Lapangan Parkir.

Sivitas Fakultas juga dapat mengakses fasilitas yang disiapkan oleh Universitas secara langsung, diantaranya: 1 Poliklinik, 1 Pusat Kegiatan Mahasiswa, 1 Auditorium, 1 Training Center, 1 Gedung Character Building Program, 1 Lapangan Sepak Bola, 1 Lapangan Futsal, 1 Lapangan Tenis, 1 Lapangan Bola Volley, 3 Masjid Kampus, 1 Perpustakaan Pusat, 3 Kantin, 1 Koperasi, 2 Ma'had Aly dan 1 Rusunawa.

Selain prasarana yang ada, sivitas akademika fakultas juga dapat menikmati sarana yang disediakan. Diantaranya adalah: Akses Internet yang memadai, Ruangan Sejuk dengan pendingin (AC) dan berbagai fasilitas yang memadai bagi seluruh sivitas akademika fakultas