Selasa, 19 September 2017
Mahasiswa BSI mengadakan Study Tour 4 Destinasi
Ditulis Oleh : Administrator UIN

Berfoto di depan patung Merlion Singapura

Pada hari Rabu tanggal 19 Juli 2017 mahasiswa angkatan 2014 jurusan  Bahasa dan Sastra Inggris (BSI) mengadakan study tour dengan 4 destinasi yaitu  Internasional, domestik, lokal dan alternatif.  Untuk destinasi internasional 31 mahasiswa mengunjungi Negara Malaysia dan Singapura. Di Malaysia rombongan melakukan kunjungan kampus ke Universiti Putra Malaysia (UPM) di daerah Putra Jaya Kuala Lumpur.  Mereka diterima oleh dekan Fakultas Bahasa Moden dan Komunikasi. Selain itu, rombongan juga menginjungi Departemen Kebudayaan dan Pelancongan tidak jauh dari UPM. Ada beberapa kota lain dikunjungi seperti Johor Bahru dan Melaka. Di Singapura mahasiswa dan dosen pendamping melakukan city tour dan observasi kota. Rombongan destinasi internasional ini didampingi oleh H. Muh. Nur Akbar Rasyid, Ph.D dan Nasrum, S.Pd, M.A.

Destinasi domestik yang di minati oleh 54 orang dengan 4 pembimbing yaitu bapak Dr. Abd. Rahman R., M.Ag, Ibu Syahruni Junaid, S.S., M.Pd, dan Serliah Nur, S.Pd., M Hum., M.Ed, mereka mengunjungi Bali dan Lombok. Di Bali mereka mengunjungi Politeknik Negeri Bali, disana mereka sangat takjub dengan fasilitas yang mereka lihat seperti menggunakan SmartBoard dan Ruang teater yang bagus. Di Lombok mereka menyempatkan untuk berkunjung ke Dinas Pariwisata Lombok.

Destinasi Lokal yang di minati 50 orang dengan 3 pembimbing yaitu Bapak Muhammad Taufik,S.S.,M,Hum, Ibu Helmi Syukur,S.Pd.I.,M.Pd. dan Ibu Rabiatul Adawiah,S.Pd.,M.Hum. Untuk kunjungan formal mereka menyambangi Dinas pariwisata dan ekonomi kreatif  kota Palopo, di sana mereka dijelaskan secara umum tentang kabupaten Luwu dan Kota Palopo serta mengenai destinasi wisata yang ada di sana. Untuk kunjungan resmi kedua mereka mendatangi Istana Luwu, disana mereka berkeliling sambil berfoto-foto. Mereka juga berkunjung ke beberapa mesjid seperti Mesjid Agung dan mesjid Al-Jami Toddopuli Temalara ( mesjid tertua di Sulawei Selatan).

Untuk destinasi terakhir yaitu Alternatif yang diminati oleh 6 orang dengan 2 pembimbing yaitu Bapak Nasrum, S.Pd, M.A, dan Bapak Muhammad Taufik, S.S., M.Hum. Mereka mengunjungi kampus Universitas Muhammadiyah Makassar, meraka disambut oleh ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dimana mereka terkesan karena setiap tahunnya ada beberapa mahasiswa yang lolos seleksi beasiswa Fulbright  begitu pula dengan program Student Exchange (Pertukaran Pelajar) ke luar negeri untuk belajar di sana. Di samping itu, mereka juga menelusuri tempat wisata di kota Makassar antara lain Monumen Korban 40.000 Jiwa, Benteng Rotterdam, Pelabuhan Tradisional Paotere, Makam Raja-Raja Tallo, Masjid Terapung dan Pantai Losari.


[ Kembali ]