Selasa, 20 Juni 2016
CHILDREN LITERATURE EXHIBITION 2016
Ditulis Oleh : Administrator UIN

CHILDREN LITERATURE EXHIBITION 2016
“SHARING HAPPINES TO CHILDREN WITH LITERATURE”
Oleh Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris 2013

Penulis, Hasrullah | Bahasa dan Sastra Inggris 2013 | UIN Alauddin Makassar
Tak henti hentinya mahasiswa(i) jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UIN Alauddin Makassar menggelar sebuah kegiatan di bidang pendidikan, sosial dan kebudayaan. Kali ini, mereka menyelenggarakan sebuah pementasan karya sastra dengan melibatkan anak anak di berbagai instansi atau lembaga pendidikan formal maupun informal . Pementasan tersebut merupakan kegiatan rutin tiap tahunnya. Sebut “Children Literature Exhibition 2016” dengan tema “Sharing Happiness to Children With Literature” yang di ketuai oleh Alfan Asyraq Fauzan, mahasiswa semester 6 jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Kegiatan pementasan sastra anak ini merupakan final projek mata kuliah Childreen Literature yang di tugas kan untuk turun lapangan dalam melatih anak anak bersastra, kemudian di pentaskan dalam bentuk kegiatan sosial dan kebudayaan yang sangat meriah di area fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar pada tanggal 20 Juni 2016.
Pementasan tersebut di hadiri ratusan mahasiswa dari berbagai jurusan dan kalangan masyarakat luar yang berkumpul di area fakultas Adab dan Humaniora. Terlihat beberapa orang tua dari anak anak sangat bangga melihat putra/putri mereka tampil dengan percaya diri di depan banyak orang. Bahkan salah satu orang tua sampai meneteskan air mata.
“Saya sangat bangga melihat anak saya tampil di atas panggung sastra sana, semoga dengan adanya kakak kakak dari UIN Alauddin ini mampu menambah pengalaman dan mengasah kreatifitas pada anak anak melalui kegiatan seperti ini” Terang salah satu orang tua siswa yang berasal dari SD INP Bakung, kecamatan Bontomarannu.
Mahasiswa(i) Bahasa dan Sastra Inggris sangat antusias dalam melatih anak anak bersastra, berbagai rintangan yang harus mereka hadapi, terlebih lagi mereka melatih anak anak di bulan ramadhan yang memerlukan tenaga ekstra untuk menjalaninya. Tetapi mereka tetap bersemangat untuk berbagi kesenangan kepada anak anak melalui sebuah karya sastra.
“Kami merasa senang berbagi kesenangan kepada anak anak, terutama yang menyangkut dengan sastra. Terlebih pada saat kami melatih mereka yang sangat menguji kesabaran. Bagaimana tidak ? Kami harus membujuk mereka untuk berani berbicara dan beradu akting di depan banyak orang. Tetapi dari sinilah kita bisa melihat bagaimana pandangan kita sebagai mahasiswa(i) melalui kacamata anak anak mengenai sastra, how to improve them untuk tetap melatih kreatifitas dan keberanian mereka di dunia sastra agar kelak mereka tidak tinggal diam di luar sana” Ujar Saiful dan Octavia selaku mahasiswa(i) Bahasa dan Sastra Inggris semester 6, UIN Alauddin Makassar.
Pada saat berjalannya pementasan tersebut, Syahruni Junaid selaku sekretaris jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, memeriahkan acara dengan menyanyikan sebuah lagu anak anak berjudul “Sahabat Selamanya”. Semua partisipan anak anak ikut bernyanyi bersama sama, dan untuk 5 anak anak yang paling meriah nyanyiannya, akan mendapatkan hadiah berupa karya sastra novel anak anak.
“Saya tidak gugup naik di panggung untuk drama kak, karena saya sudah beberapa kali naik seperti ini. Saya sangat senang menyayi di atas tadi, apalagi saya dapat novel kak” Terang siswi dari SD Bakung, kecamatan Bontomarannu.
Adapun nama nama instansi pendidikan dan lembaga anak yang terlibat pada kegiatan pementasan “Children Literature Exhibition 2016”, di antaranya SD INP Tinggimae, TK TPA Babussalam Bontolebang, SD INP Bakung, SD INP Balang Balang, MI Madani dan Yayasan An-Nur. Pada kegiatan pementasan sastra anak ini, bukan hanya instansi pendidikan formal yang terlibat, tetapi juga salah satu lembaga yayasan pemberdayaan anak ikut terlibat pada kegiatan pementasan sastra anak.
Sebagai penutup, tambahan oleh seorang dosen yang sekaligus penanggung jawab pada “Children Literature Exhibition 2016” yang sangat mengapresiasi suksesnya pementasan sastra anak yang di organisir oleh mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris angkatan 2013.
“Saya akui bahwa kegitan yang di lakukan oleh mahasiswa(i) BSI angkatan 2013 selalu mengesankan dan spektakuler. Kalian sudah merasakan bagaimana beratnya mentransfer ilmu, melatih dan memperkenalkan sastra pada anak anak. Tetapi dengan ini, In Shaa Allah segala apa yang kita lakukan akan menjadi amal Zari’ah yang kelak akan bermanfaat untuk semua orang. Saya harap agar kiranya kegiatan ini terus di dukung oleh pihak fakultas dan universitas dengan mengadakan fasilitas yang lebih lengkap nan modern lagi, serta ke depan bisa lebih spektakuler , lebih meriah lagi dan akan banyak sekolah sekolah yang terlibat. Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang sudah bersusah payah mengantarkan dan menemani anak anaknya, terima kasih atas semua partisipan dan terima kasih untuk pihak fakultas yang sudah memberi dukungan secara langsung maupun tidak langsung. Terakhir, saya ucapkan ‘Selamat untuk angkatan 2013’, Kalian berhasil menghibur kami semua” Jelas Syahruni Junaid selaku sekretaris jurusan Bahasa dan Sastra Inggris pada sambutan penutupan kegiatan pementasan sastra anak “Children Literature Exhibition 2016” dengan tema “Sharing Happines to Children with Literature”.


[ Kembali ]