Nasrum, Editor ELITE, Mewakil UIN Alauddin Menerima Sertifikat Akreditasi Jurnal Ilmiah

  • 01-10-2019
  • 05:46 WITA
  • admin_fah
  • Berita

Source : Website Perpustakaan UINAM written by Taufiq Mathar

(Jakarta, 14/09/19). Rumah Jurnal UIN Alauddin Makassar terus berkembang. Mewakili kawan-kawan pengelola Rumah Jurnal, Nasrum (editor ELITE: English and Literature Journal) menghadiri rapat koordinasi pengembangan jurnal serta menerima 15 sertifikat akreditasi jurnal ilmiah untuk 15 jurnal ilmiah yang diterbitkan di UIN Alauddin Makassar pada kegiatan Penganugerahan Sinta Awards 2019.

Rapat koordinasi pengembangan jurnal dan penyerahan sertifikat yang dihadiri oleh 120 institusi dari seluruh Indonesia ini diadakan di Jakarta Convention Center, Ruang Cenderawasih 2. Sehari sebelumnya di tempat yang sama, Nasrum juga mengikuti Indonesian Journal Editors Workshop (Scopus Selection Criteria and Evaluation Process Workshop). “Kami semakin termotivasi untuk meningkatkan jurnal yang kami kelola agar dapat naik peringkat dan kalau bisa dapat terindeks di Scopus. Dari kegiatan ini saya mendapatkan banyak ilmu mengurus jurnal”, kesannya.

Pada kegiatan Sinta Awards 2019 ini, beberapa penulis, jurnal, dan juga institusi terproduktif yang banyak menghasilkan publikasi dan paten mendapatkan penghargaan dari pemerintah. Khusus untuk jurnal, pemerintah sudah mulai mengapresiasi dan memfasilitasi para pengelola jurnal. Hibah untuk jurnal yang berprestasi akan ditingkatkan, sementara yang belum terakreditasi akan diberikan pembinaan dan pendampingan.

“Penyerahan sertifikat dan award ini memotivasi kami untuk bekerja lebih giat, disiplin dan lebih inovatif”, katanya. “Bertemu dengan banyak orang yang berkecimpung di dunia jurnal, memiliki masalah yang sama merupakan hal yang mengesankan. Namun, pemerintah terus berbenah dalam penanganan jurnal ilmiah di Indonesia”, tutupnya.

Saat ini telah ada 29 jurnal ilmiah dari UIN Alauddin Makassar yang terakreditasi Nasional dengan peringkatnya masing-masing. Mereka terus berbenah, khususnya dalam meningkatkan daya saing artikel-artikel yang hendak dipublikasikan, meskipun dengan segala keterbatasannya. Publikasi ilmiah untuk kemajuan bangsa.

1) Jurnal Adabiyah Download

2) Khizanah al-Hikmah Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan Download

3) Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan KeguruanDownload

4) MaPan : Jurnal Matematika dan PembelajaranDownload

5) Al Daulah Jurnal Hukum Pidana dan KetatanegaraanDownload

6) AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar IslamDownload

7) Jurisprudentie Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan HukumDownload

8) Jurnal Dakwah TablighDownload

9) Jurnal BiotekDownload

10) JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin MakassarDownload

11) Idaarah: Jurnal Manajemen PendidikanDownload

12) Journal of Islamic NursingDownload

13) Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu AqidahDownload

14) Diwan: Jurnal Bahasa dan Sastra ArabDownload

15) Rihlah Jurnal Sejarah dan kebudayaan