40 orang Civitas Akademika FAH ramaikan Gerakan Literasi Bung Hatta

  • 30-07-2019
  • 05:34 WITA
  • admin_fah
  • Berita

FAH-UIN ONLINE.  Sebanyak 40 orang perwakilan dari Fakultas Adab dan Humaniora turut serta menghadiri Kegiatan Sosialisasi Gerakan Literasi Bung Hatta. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Tugas (UPT) Perpustakaan Nasional Proklamator Bung Hatta dari Bukittinggi. Kegiatan sosialisasi tersebut diselenggarakan di Ballroom Hotel Singasana Kota Makassar pada hari Rabu, 24 Juli 2019. Peserta Seminar tersebut tidak hanya dari perwakilan Fakultas Adab dan Humaniora, turut pula hadir perwakilan dosen dan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin dan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar serta dihadiri pula oleh Pustakawan se-Kota Makassar.  

Kegiatan tersebut dimulai dengan Tari Khas dari Bukittingi yang memeriahkan acara. Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, Purwanto, S.IPI memberikan sambutan yang menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang keempat di tahun 2019, sebagai rangkaian kegiatan sosialisasi ide, gagasan dan pemikiran Bung hatta yang diselenggarakan di beberapa daerah di Indonesia, dimulai dari Bandung Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Blitar Jawa Timur dan terakhir di Makassar Sulawesi Selatan.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Perpusnas RI yang diwakili Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Dra. Woro Titi Haryanti, M.A. Woro menjelaskan bahwa kehadirannya di sini adalah untuk memperkenalkan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan Perpustakaan Nasional. Tugas dan fungsinya adalah, menghimpun, mengelola, melestarikan, mengembangkan, mendayagunakan koleksi tentang Bung Hatta. Menurutnya, saat ini koleksi khusus Bung Hatta yang dimiliki UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta adalah 161 judul sebanyak 500 eksemplar, ini karya Bung Hatta. Koleksi yang ada di Perpustakaan Bung Hatta sendiri saat ini ada sekitar 145 ribu eksemplar.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam bentuk diskusi panel dengan menghadirkan tiga narasumber, masing-masing Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Dra. Woro Titi Haryanti, M.A. Guru besar Sejarah Ekonomi Politik Universitas Negeri Padang Prof Dr. Mestika Zed, MA dengan judul materi Bung Hatta dan Tradisi Membaca dan Menulis, dan Guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas Prof. Dr. Muhammad Yunus Zain dengan judul materi Ekonomi Kerakyatan Ala Bung Hatta, dipandu oleh moderator Koordinator Pustakawan Sulsel Syamsul Arif, S.Sos, M.A.

Pada akhirnya kegiatan sosialisasi ini ditutup dengan memperkenalkan kepada peserta seminar penggunaan e-library, dengan tujuan mempermudah dan memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat terhadap koleksi perpustakaan nasional. Source: Apa kabar Kampus