KPM kembali mengadakan Seminar Bulanan bagi Dosen

  • 30-07-2019
  • 05:27 WITA
  • admin_fah
  • Berita

FAH-UIN ONLINE. Komisi Penjaminan Mutu Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar kembali mengadakan Agenda Bulanan Seminar Dosen. Kegiatan tersebut diadakan di Ruang Lecturer Theater FAH pada hari Selasa, 23 Juli 2019. Prof. Dr. H. Rusydi Khalid, MA. bertindak sebagai pemateri dalam kegiatan ini. Sementara Dr. Zaenal Abidin, SS. M.H.I kali ini bertindak selaku moderator dalam mengarahkan diskusi.

Sebelum seminar dosen dimulai, Dr. H. Barsihannor, M.Ag selaku Dekan FAH berpesan bahwa Kegiatan ini sangat penting untuk menyemai ide-ide serta menumbukan kembali semangat dalam menggalakkan Bahasa Arab di Kampus Peradaban. “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membangkitkan kembali semangat kita dalam berbahasa Arab. Oleh karena, Bahasa Arab adalah kunci untuk menyingkap tabir dunia” begitu menurut beliau.

Prof. Dr. H. Rusydi Khalid, MA dalam kegiatan Seminar Dosen pada bulan ini membawakan materi “Bagaimana memahami dan menerjemahkan Surat Kabar Berbahasa Arab Kontemporer”. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Rusydi menyampaikan bahwa perkembangan penerjemah resmi di Indonesia saat ini agak merisaukan. Bagi Prof Rusydi, sulit mendapatkan penerjemah yang betul-betul kompeten dalam bidangnya, khususnya menerjemahkan naskah-naskah kontemporer seperti surat kabar dan lain-lain. “Banyak mahasiswa/i kita pada Jurusan BSA (Bahasa dan Sastra Arab)yang merupakan alumni pesantren. Sebagaimana lazimnya, mereka sudah akrab dengan kitab kuning. Namun ketika diperhadakan dengan Surat Kabar, buku-buku dengan gaya bahasa berbeda, tidak jarang saya temukan mereka kebingungan dalam menerjemahkan”

Dalam seminar tersebut turut pula hadir para Wakil Dekan, para Dosen serta mahasiswa dari Program Studi Bahasa dan Sastra Arab.